Tuesday, 21 October 2014

Pengertian Microsoft Word dan Fitur-fiturnya

Pengertian Microsoft Word dan Fitur-fiturnya. Microsoft Word adalah sebuah program pengolahan kata dengan fitur lengkap untuk sistem operasi Windows dan Macintosh yang dibuat oleh Microsoft. Microsoft Word termasuk ke dalam paket aplikasi Microsoft, dan merupakan program canggih yang memiliki kemampuan lengkap untuk segala jenis kegunaan pengolahan kata dan menjadi program aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh semua pengguna komputer di seluruh dunia. Versi awal dari Word berwujud DOS dan menyediakan tampilan gambar dan teks untuk mengerjakan sebuah dokumen.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Microsoft Word memiliki sejumlah fitur yang sangat berguna, di antaranya pemeriksa kata, kamus, thesaurus, dan perangkat penghias dan pengubah teks. Berikut ini adalah beberapa aspek yang ada pada fitur-fitur yang dimiliki Microsoft Word.

WordArt

WordArt memberikan pengguna kemampuan untuk menggambar teks pada dokumen Microsoft Word untuk judul, watermark, atau jenis teks lainnya, dengan bermacam efek gambar seperti miring, berbayang, rotasi, dibentuk menjadi bermacam bentuk dan menggunakan berbagai macam warna, bahkan terdapat efek tiga dimensi, yang mulai tersedia di versi 2007, dan populer digunakan pada Office 2010. Pengguna dapat menambahkan efek format seperti bayangan, miring, bercahaya, dan pantulan pada teks dokumen mereka dengan mudah. Pengguna tetap dapat menggunakan fitur pemeriksa kata pada kata-kata yang diberikan efek, serta menambah efek teks yang berbeda di setiap paragraf.
pengertian microsoft word
Penomoran

Word telah memperbanyak daftar fitur bentuk penomoran yang biasa digunakan pada tabel, daftar, halaman, bab, catatan kaki, dan daftar isi. Penomoran dapat digunakan langsung dengan menggunakan tombol atau dengan menambahkan gaya atau melalui contoh yang ada. Beberapa masalah penomoran telah ditemukan di Word 1997-2003. Sebagai contoh, sistem penomoran ulang atau penomoran kembali pada sistem Word. Sistem penomoran telah banyak diteliti dan diperbaiki saat Office 2007 diluncurkan, dan telah mengurangi masalah ini secara drastis.

Pengguna juga dapat membuat tabel pada Word. Tergantung pada versi yang digunakan, Word dapat juga melakukan kalkulasi sederhana. Word juga mendukung formula yang biasa ditemukan pada Microsoft Excel.

Macro

Macro adalah pola aturan yang menentukan bagaimana sebuah data masukan tertentu (biasanya berupa pengulangan karakter) harus dipetakan sehingga hasil pengolahan katanya dapat sesuai dengan keinginan penggunanya. Penekanan tombol keyboard atau gerakan tertentu dari mouse dapat diotomatisasi. Seperti dokumen Microsoft Office lainnya, file Word dapat menggunakan macro dan program lainnya. Bahasa yang digunakan biasanya adalah WordBasic, tapi belakangan beralih ke Visual Basic for Application dan mulai digunakan pada Word 97.

Sayangnya, fungsi ini dapat juga disalahgunakan untuk menyebarkan virus pada dokumen. Kebiasaan penggunanya untuk bertukar dokumen Word melalui email, USB flash drive, dan media lainnya membuat penyebaran virus melalui cara ini cukup populer di tahun 1999. Salah satu contohnya adalah virus Melissa, tapi ada banyak virus lainnya yang masih ada hingga saat ini di dunia maya.

Related Posts to "Pengertian Microsoft Word dan Fitur-fiturnya"