Wednesday, 22 October 2014

Mesin CNC : Katalog

Mesin CNC ? mungkin mesin ini masih terdengar asing di telinga masyarakat umum. Namun untuk dunia industri, mesin ini sudah tidak asing lagi. CNC merupakan sebuah singkatan dari Computer Numerically Controlled. Cara kerja mesin CNC secara umum tidak ada perbedaan yang dignifikan dengan mesin yang konvensional. Mesin CNC ini adalah mesin pekakas yang cara kerjanya berbasis computer dan dapat membaca beberapa kode-kode yang telah diprogramkan pada benda kerja yang akan dibuat. Kode-kode instruksi yang terdapat pada pemrograman mesin CNC ini adalah kode G, T, N dan kode lainnya. Selanjutnya kode tersebut akan langsung terhubung pada program mesin CNC dan memberikan perintah pada mesin tersebut.

Dalam kerja mesin perkakas yang konvensional, mesin tersebut masih membutuhkan operator utuk mengatur mesin konvensional, sedangkan dengan menggunakan mesin CNC maka tugas operator tersebut akan tergantikan. Contoh pekerjaan operator yang dapat digantikn oleh mesin CNC adalah pekerjaan setting tool dan lain-lain. selain itu berbagai alat potong juga menjadi fasilitas dari mesin CNC. Meskipun cara kerjanya yang begitu canggih dan teratur serta terdapat program yang sangat terstruktur, namun parameter system operasi mesin ini juga dapat diubah. Cara mengubahnay yakni dengan mengubah programnya dengan menggunakan perangkat lunak atau software load program. Software yang digunakan bukan sembarang software, sebab software pengubahnya harus sesuai dengan program yang akan diubah. Kelebihan lain lagi dari mesin CNC ini adalah pada setiap poros transportiernya terdapat ballscrew. Dengan adanya ballsrew ini, maka ketelitian mesin CNC lebih terliti dibandingkan dengan mesin lainnya. Ketelitian mesin CNC ini mencapai seperseribu millimeter.

Mesin CNC

Dalam perkembangan mesin CNC, mesin ini berkembang sangat pesat dari sejak awal keberadaannya. Awalnya transfer kode yang digunakan pada mesin CNC misal kode M dan G, msih menggunakan memori sebagai medianya. Namun di tahun 1950, telah ditemukan cara baru yang lebih ringkas, efisien dan memudahkan transfer kode. Cara ini menggunakan metode dengan menggunakan floppy disks dan kabel RS232. Cara ini tentunya lebih praktis dibandingkan menggunakan kertas berlubang sebagai memori. Selanjutnya mesin ini kembali dikembangkan dengan menggunakan computer Jaringan Kabel (Computer Network Cables), bahkan pada perkembangan terbaru saat ini, metode transfer kode juga dapat digunakan melalui internet.

Dengan perkembangan yang signifikan ini maka banyak beberapa industry yang berubah menggunakan mesin otomatik, dan tidak lagi menggunakan operator dengan tenaga manusia. Dengan menggunakan mesin otomatik, maka pekerjaan untuk membuat benda kerja dapat lebih mudah dan bahkan pengerjaannya pun lebih cepat dan hasil benda kerja juga lebih banyak. Bahkan untuk benda kerja yang rumit dan sangat sulit untuk dikerjakan dengan tenaga manusia ahli mesin dan perkakas sekalipun dapat dibuat dari mesin CNC ini.

Related Posts to "Mesin CNC : Katalog"