Friday, 24 October 2014

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli. Ancaman terbesar dari keberadaan manusia adalah dari tidak terdatanya penggandaan spesiesnya sendiri, terlebih pada negara-negara berkembang di Asia dan Afrika. Penyaluran populasi yang tidak merata di dunia telah mempengaruhi keseimbangan ekologi di banyak negara. Perkembangan tak terkendali dari populasi manusia juga telah menyebabkan masalah-masalah yang telah umum ditemui yaitu pengangguran, urbanisasi, polusi, dan lain sebagainya. Sebenarnya, apakah pengertian populasi yang sebenarnya?

Polusi lingkungan tidak disangsikan lagi adalah hasil dari perkembangan pertumbuhan populasi dan keinginan manusia untuk memanfaatkan alam sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan perkembangan manusia. Perkembangan populasi yang tidak pernah terjadi sebelumnya ini telah mempengaruhi secara luas pendapatan per kapita dan standar hidup manusia. Perkembangan populasi telah memperburuk kondisi kemiskinan dan kelaparan di banyak negara.

Ledakan populasi adalah masalah terbesar yang telah menarik perhatian semua pihak yang terkait. Begitu pentingnya pengaturan ini sehingga di beberapa negara membuat program dan undang-undang untuk mencegah situasi ini.

Pendidikan Populasi merupakan pendidikan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan populasi seperti angka kelahiran, kematian, migrasi, dan lain-lain. Pendidikan Populasi adalah proses pembelajaran. Pendidikan ini diharapkan dapat membantu manusia mengerti tentang asal usul, penyebab, dan konsekuensi dari perkembangan populasi.

Faktor populasi (angka kelahiran, kematian, migrasi) dibentuk dari undang-undang yang berkaitan dengan populasi. Faktor-faktor ini terjadi di dalam masyarakat dan juga mempengaruhi standar sosial, politik, dan ekonomi.

Menurut Gopal Rao, “Pendidikan Populasi adalah program pendidikan yang menyediakan penelitian mengenai fenomena populasi agar murid dapat membuat keputusan rasional mengenai masalah-masalah yang timbul karena perkembangan populasi yang sangat pesat”. Dengan kata lain, Pendidikan Populasi berarti mengajarkan murid tentang populasi yang besar atau populasi yang membesar dan masalah-masalah “yang dibuatnya”.
Menurut Sharma, “Pendidikan Populasi adalah pendidikan tentang populasi manusia yang berhubungan dengan lingkungannya dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup tanpa harus mempengaruhi lingkungan sekitarnya.”

Dalam pandangan Burbson “Pendidikan Populasi adalah penelitian mengenai pengetahuan dan tingkat laku dari populasi, keluarga dan pendidikan se-ks. Termasuk di dalamnya juga pengetahuan mengenai populasi, kehidupan keluarga, pendidikan alat reproduksi serta nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya”.

Pendidikan Populasi tidak bisa disalahartikan sebagai pendidikan se-ks, keluarga berencana, proyek kesejahteraan keluarga. Tapi Pendidikan Populasi adalah program pendidikan yang mempelajari situasi populasi dalam keluarga, komunitas, negara dan dunia. Hal ini berhubungan dengan perubahan dalam populasi dan kualitas hidup baik di tingkat mikro maupun makro.

Pendidikan Populasi dapat membuat murid menyadari proses dan konsekuensi dari pertumbuhan populasi terhadap kualitas hidup dan lingkungannya. Anak-anak mendapat kesempatan untuk menganalisa dan mempelajari interaksi antara populasi dan lingkungannya. Karakteristik populasi, arti dan proses terjadinya. Anak-anak juga mengetahui penyebab dan akibat dari pertambahan populasi secara lokal, nasional serta global.

Demikian artikel tentang Pengertian Populasi Menurut Para Ahli.

Related Posts to "Pengertian Populasi Menurut Para Ahli"