Sunday, 21 December 2014

Anak Susah Tidur Malam: Cara Mendiagnosa Dan Mengobati

Anak Susah Tidur Malam: Cara Mendiagnosa Dan Mengobati. Teror malam merupakan gangguan tidur yang umum pada anak-anak, menyebabkan mereka untuk bangun tiba-tiba dan menjadi ketakutan, berteriak-teriak dan perlu dihibur. Mereka biasanya terjadi dari usia 2-12 tahun, dengan puncak sekitar 3 ½ tahun. Sekitar 1-6% anak akan memiliki teror malam sesekali. Hal ini bisa menakutkan bagi orang tua atau pengasuh bila pertama kali terjadi, tetapi mereka tidak menyebabkan bahaya pada anak.

Apa Yang Terjadi Ketika Anak yang Memiliki Teror Malam?
Mari kita bicara tentang apa yang terjadi ketika seorang anak memiliki teror malam dan bagaimana menanggapinya. Sebuah teror malam terjadi dalam waktu 1-4 jam tertidur. Tidur terdiri dari rapid eye movement (REM) tidur dan tidur non-REM. Sebuah teror malam terjadi selama tidur non-REM. Anak akan tidur dengan tenang lalu tiba-tiba berdiri dengan ekspresi takut atau panik. Dia akan menjerit dan butuh dihibur, tidak mengakui siapa pun atau menanggapi kenyamanan dari orang tua.

Gejala lain termasuk napas cepat, detak jantung yang cepat dan berkeringat. Teror malam dapat berlangsung hanya beberapa menit atau mereka dapat berlangsung hingga 15-30 menit. Setelah itu anak akan tertidur kembali dengan mudah dan tidak memiliki memori dari peristiwa di pagi hari.

Perbedaan Antara Teror malam dan mimpi buruk
Bagaimana adalah teror malam berbeda dari mimpi buruk? Mimpi buruk adalah mimpi buruk yang akan membuat anak terbangun  REM. Anak mungkin marah atau takut tetapi dia dapat berbicara tentang mimpi dan mudah untuk menghibur. Anak-anak yang mengalami mimpi buruk mungkin memiliki waktu yang lebih sulit jatuh kembali tidur karena mereka mengingat mimpi.

Bagaimana Berurusan dengan  Teror Malam
Bagaimana seharusnya orang tua atau pengasuh berurusan dengan teror malam? Menghibur anak tetapi jangan mencoba membangunkan dia karena hal ini dapat menyebabkan lebih banyak penderitaan. Tetap tenang dan tenang dan menjaga cahaya redup di kamar. Pastikan kamar anak aman dan bahwa anak tidak dalam bahaya menyakiti dirinya sendiri selama episode. Yang paling penting, jangan panik.

Apa Pemicu Teror Malam?
Teror malam mungkin dipicu karena kelelahan, jadi penting untuk menjaga waktu tidur yang rutin dan pastikan anak mendapat istirahat yang cukup. Pemicu lain termasuk demam atau stres. Jika teror malam menetap atau menjadi masalah, Anda harus memeriksa dengan dokter anak Anda. Jarang, teror malam bisa menjadi indikasi dari masalah yang lebih buruk dan mungkin perlu penyelidikan lebih lanjut. Jadi jika anak Anda bangun panik dan berteriak, tetap tenang dan ingat bagaimana menanggapi. Semakin lama Anak Anda akan mengatasi teror malam seiring pertambahan usia.

Related Posts to "Anak Susah Tidur Malam: Cara Mendiagnosa Dan Mengobati"